Tips Memilih Gergaji Bundar

Gambar-Pemakaian-Gergaji-Bundar

Gergaji bundar digunakan untuk membuat potongan kayu kasar dari semua ukuran. Karena gergaji bundar tidak memiliki sistem penadah dan meja, mereka kurang akurat untuk membuat potongan lurus. Tetapi, gergaji bundar sangat kuat, mudah untuk dibawa, dan memiliki banyak kegunaan dalam pengerjaan kayu. Jika anda ingin menambah gergaji bundar kedalam koleksi alat-alat listrik anda, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya.

Ukuran dan kapasitas pisau

Gergaji bundar mempunyai ukuran berdasarkan diameter pisau gergaji, dengan ukuran 7-1/4” sebagai ukuran yang paling umum. Kedalaman mata pisau biasanya dapat disesuaikan. Tetapi, anda tidak dapat menempatkan pisau gergaji berukuran besar pada gergaji bundar yang berukuran lebih kecil. Penting untuk anda memeriksa terlebih dahulu kapasitas gergaji, atau ketebalan kayu maksimum yang dapat dipotong.

Jenis Pisau

Ukuran, bentuk pangkalannya dan poros yang menahannya, akan menentukan jenis mata  gergaji yang dapat digunakan dengan gergaji bundar. Banyak pangkalan gergaji bundar sudah dibuat untuk mata gergaji yang universal saat ini, tetapi ada beberapa yang dibuat untuk ukuran khusus yang susah ditemukan. Periksalah dahulu untuk melihat diameter dan gaya mata gergaji yang dibutuhkan. Pastikan mata gergaji untuk gergaji bundar anda tersedia di toko-toko terdekat anda.

Pelindung Pisau yang Aman

Pelindung pisau meminimalkan kemungkinan pisau gergaji memotong sesuatu selain target kayu yang dimaksud. Coba dahulu gergaji bundar yang anda inginkan, lalu perhatikan bagaimana pelindung pisaunya beroperasi. Cari pelindung pisau yang bekerja dengan lancar dan tidak terasa aneh. Terkadang pelindung pisau tidak naik secara otomatis saat anda melakukan pemotongan, jadi pastikan anda dapat dengan mudah menaikkan pelindung pisau secara manual jika perlu. Jangan pernah melepaskan pelindung pisau dari gergaji bundar anda.

Penyesuaian yang Mudah dan Akurat

Tidak banyak penyesuaian yang dapat dilakukan pada gergaji bundar, tetapi anda harus memastikan untuk melihat apakah kedalaman pisau tetap pada pengaturan yang tepat setelah terkunci. Selain itu periksa juga apakah pisau gergaji mudah diganti dan terkunci dengan kokoh. Jika anda ingin membuat potongan miring, gunakan alas miring yang terkunci erat pada sudut yang berbeda untuk memandu pemotongan.

Horsepower dan RPM

Seperti halnya gergaji pengerjaan yang kuat lainnya, anda harus memilih gergaji bundar dengan horsepower dan RPM yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan anda lakukan. Jika anda berencana untuk memotong kayu yang besar, tebal, atau membuat potongan panjang, jangan membeli gergaji bundar yang paling murah dan bertenaga rendah. Gergaji yang kurang bertenaga dapat menyebabkan penumpukan panas pada pisaunya, yang menyebabkan pisau cepat aus dan dapat menyebabkan kickback.

Sidewinder atau Worm Drive

Gergaji bundar dengan gaya sidewinder, dimana motor berada disamping pisau adalah gergaji bundar yang paling populer dan dapat dimiliki dengan harga yang masuk akal. Jika anda membutuhkan daya lebih dan mempunyai uang lebih, carilah gergaji dengan gaya Worm Drve, dimana motornya sejajar dengan pisaunya. Untuk penggunaan pengerjaan kayu biasa, gergaji bundar dengan gaya sidewinder mungkin cukup untuk mengerjakan sebagian besar proyek.